11 Oktober 2009

Teknik Kertas Timah

1. Buatlah File baru di Photoshop dengan ukuran 400 x 400 pixel, background: putih, mode: RGB, resolusi 72 pixel/inci.

2. Buka palet channel dengan mengklik Window | Channels. Klik ikon New Layer untuk membuat channel baru. Setelah itu, akan muncul channel baru bernama Alpha 1.

3. Tekan D untuk mengisi warna foreground dan background dengan warna default. Klik Filter | Render | Clouds. Channel Alpha 1 akan terisi oleh warna hitam dan putih.

4. Klik Filter | Brush Strokes | Spatter*. Masukkan nilai Spray Radius: 25, Smoothness: 15.

5. Klik Filter | Blur | Gaussian Blur. Isikan Nilai Radius: 1,6 pixel.

6. Klik Filter | Noise | Add Noise. Isikan nilai Amount: 6,37%, Distribution: Uniform dan kosongkan pilihan Monochromatic*.

7. Tekan Ctrl+~ untuk kembali ke channel RGB, atau dapat membuka palet channel kemudian klik channel RGB.

8. Klik Filter | Render | Lighting Effects*. Beri tiga atau empat cahaya bertipe omni pada gambar dengan cara mengklik dan menggeser ikon lampu pada bagian bawah ke bidang gambar. Beri masing-masing cahaya nilai Intensity. Exposure, Ambience sekitar 12, 24 dan 6. Pilih Alpha 1 pada pilihan Texture channel. Tandai kotak White is high dan isikan height: 50.

· Spatter memberikan goresan-goresan dengan kuas.

· Pilihan Monochrome memberikan noise yang berbeda dengan warna. Gaussian akan menambah tingkat kontras noise.

· Lighting Efffects memberikan cahaya pada gambar, gunakan Texture Channel untuk memberi kesan 3D

10 Oktober 2009

Teknik Bentuk Melengkung

1. Photohop dapat membuat bentuk dalam format vektor* atau bitmap. Dalam format bitmap, bentuk melengkung tidak dapat dilakukan dengan mudah, perlu beberapa trik untuk membuatnya. Buat file baru pada photoshop, lalu klik File | New. Buatlah file dengan ukuran 400 x 400 pixel*, resolusi 72 dan mode RGB.

2. Buat sketsa kasar dari bentuk melengkung yang akan dibuat dengan menggunakan Rectangle Tool.

3. Isi pilihan dengan warna hitam.

4. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan pilihan.

5. Klik Filter | Blur* | Gaussian Blur. Isi nilai Radius dengan 8 pixel. Makin besar nilai radius yang dimasukkan makin melengkung bentuk yang didapat nantinya.

6. Klik ikon Adjusment Layer yang terletak di bagian bawah layer palet. Pilihlah Levels*.

7. Ubahlah setting di kotak dialog Levels dengan nilai Input Levels: 173; 1,00; 191.

8. Makin ke kanan segitiga input level digeser, semakin besar lengkungan yang diperoleh. Kita dapat mengubah setting ini dengan cara mengklik ganda pada layer Levels yang otomatis terbentuk pada palet layer.

· Bentuk berbasis vektor terbuat dari persamaan matematis sehingga tidak akan berubah ketika diperbesar atau diperkecil.

· Bentuk berbasis pixel terbuat dari titik-titik yang akan berubah ketika diperbesar atau diperkecil.

· Filter Blur akan mengaburkan gambar dengan cara mencampurkan pixel-pixel.

· Levels berfungsi untuk mengatur tingkat keterangan dan ketajaman gambar dengan ketelitian yang mampu mengatur per channel.

09 Oktober 2009

Teknik Kertas Terlipat

1. Tekan Ctrl+O. Buka file yang akan dilipat.

2. Pilih tool pen.

3. Pastikan pada baris pilihan terpilih ikon Paths*.

4. Buat segitiga pada ujung kiri atas gambar dengan cara mengklik gambar.

5. Pilih tool Convert Point*, dengan cara menekan ikon Pen agak lama hingga muncul ikon tool-tool lainnya.

6. Klik, tahan dan geser titik-titik pada gambar, hingga bentuk segitiga tersebut seperti suatu bentuk lipatan.

7. Buka Palet Paths, lalu klik kanan Work Path. Pilih Make Selection.

8. Pastikan Feather Radius 0 Pixels, Anti-alised diaktifkan.

9. Klik Layer | New | Layer atau tekan Shift+Ctrl+N. Klik OK pada kotak dialog New Layer. Buat efek lipatan kertas pada layer baru.

10. Pilih tool Gradient* pada toolbox. Pastikan pada baris pilihan terpilih linear gradient. Pilih gradasi dari hitam ke putih pada kotak gradient.

11. Buat gradasi miring dengan cara menarik ke arah kanan bawah.

12. Pada kertas akan terbentuk efek seolah-olah gambar terlipat.

13. Kali ini pilih gambar di ujung kiri atas dengan menggunakan tool Magic Wand.

14. Isi pilihan dengan mengggunakan foreground. Tekan Alt+Delete, bisa menggunakan warna apa pun yang penting bagian itu tertutupi.

· Paths adalah cara lain untuk membuat pilihan dalam Photoshop. Kelebihan Paths yaitu bisa disimpan, paths Anda akan muncul di Palet Paths

· Tool Convert Point mengubah titik sudut menjadi lengkungan. Tarik dan geser pegangan untuk mengatur kelengkungan, lalu variasikan dengan tombol Alt, Shift dan Ctrl

· Buka kotak pilihan gradient editor dengan memilih tool gradient lalu klik kanan gambar


08 Oktober 2009

Teknik Tetesan Air

1. Tekan Ctrl+O. Buka file yang akan Anda beri tetesan air.

2. Pada palet Channel klik ikon New Channel* untuk membuat channel baru.

3. Klik Filter | Noise | Add Noise*, Pilih Uniform, Amount: 400%.

4. Klik Filter | Blur | Gaussian Blur. Masukkan nilai Radius 2,1 pixels.

5. Klik Image | Adjustment | Threshold*. Masukkan nilai level 128. Makin besar nilai level yang Anda masukkan, makin kecil butiran air yang akan muncul.

6. Klik Image | Adjusment | Invert. Atau tekan Ctrl+I untuk membalikkan warna gambar, hitam menjadi putih dan sebaliknya.

7. Kembali ke Palet Layer, Pilih layer atau background yang akan Anda beri tetesan air.

8. Apabila gambar masih berbentuk background, ubahlah terlebih dahulu menjadi layer

9. Klik ganda background hingga muncul kotak dialog New Layer.

10. Klik OK atau terlebih dahulu memberi nama layer.

11. Gandakan layer yang baru dibuat. Tarik layer tadi ke ikon New Layer. Pada palet layer akan muncul layer baru dengan nama layer ferrari copy. Sedangkan nama layer yang Anda gandakan tadi layer ferrari.

12. Klik Select | Load Selection. Pada pilihan Channel, pilih Alpha 1. Setelah Anda klik OK akan muncul pilihan pada gambar yang ditandai oleh semut berjalan.

13. Tekan Delete untuk menghapus isi layer.

14. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan pilihan.

15. Klik ganda layer ferrari copy untuk memunculkan kotak dialog Layer Style.

16. Pada kotak dialog Layer Style aktifkan efek Bevel dan Emboss.


· Channel akan memberi Anda kebebasan dalam membuat pilihan. Channel cocok digunakan untuk membuat pilihan yang rumit.

· Noise adalah pixel-pixel acak berwarna.

· Threshold akan mengubah semua warna menjadi hitam dan putih, warna yang lebih terang dari nilai level akan menjadi putih dan yang lebih gelap akan menjadi hitam.