01 Januari 2010

Teknik Gambar Berbicara

1. Mula-mula, siapkan sebuah gambar apa saja. Contohnya adalah sebuah kaca pembesar seperti pada gambar. Makna gambar ini masih sangat relative, karena itu akan ditambahkan dengan “ribuan kata”. 1. Klik ganda pada layer Background dan ubah nama layer menjadi “Kaca Pembesar”. Klik OK untuk melanjutkan.

2. 1. Buat sebuah layer baru, dan beri nama “Teks”. 2. Hilangkan icon bergambar mata pada layer “Kaca Pembesar” sehingga gambar kaca pembesar tidak terlihat. 3. Pilih Horizontal Type Tool, 4. Kemudian ketikkan sebuah teks bertulisan “Menang Atau Kalah” dengan font dan ukuran font yang cukup besar.

3. 1. Pilih Rectangular Marquee Tool, 2. Beri kotak pada teks kata “Menang” sehingga hanya kata itu yang terpilih, kemudian pilih menu Edit-Define Brush Preset, 3. dan isikan dengan nama brush “teks1”. Ulangi langkah membuat brush ini untuk dua kata yang lain, yaitu kata “Atau” (beri nama “teks2”), dan kata “Kalah” (beri nama “teks3”). Setelah menyelesaikan langkah ini, Anda telah membuat tiga bentuk brush baru.

4. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan are terpilih. Kemudian, tekan Ctrl+T untuk mengaktifkan Free Transform. 1. Tarik sudut-sudut kotak sehingga teks mengecil. Tekan Enter setelah mengecilkan teks. 2. Pilih Rectangular Marquee Tool, dan pilih area teks tersebut. Pilih menu Edit – Define Pattern, 3. dan beri nama pattern baru dengan nama “pola teks”. Klik OK untuk melanjutkan, dan tekan Ctrl+D.

5. 1. Klik icon mata pada layer “Teks” sehingga tidak terlihat. Sebaliknya, tampilkan kembali icon mata pada layer “Kaca Pembesar” agar kembali tampil, aktifkan posisi kursor pada layer ini. Pilih Rectangular Marquee Tool, pilih area berwarna putih pada background gambar, pilih menu Select – Similar. Pilih Select – Inverse. Pilih Edit – Fill, 2. tentukan Use dengan Pattern, dan pilih pattern “pola teks”. Pilih Mode dengan Pin Light, dan Opacity sebesar 20%.

6. Pilih Select – Inverse. 1. Pilih Brush Tool, 2. Klik kanan pada area dokumen kerja, dan Anda akan melihat pengaturan diameter, dan bentuk brush. Utamakan memilih bentuk brush “teks2”, dan tampilkan dengan warna yang menyolok, dan ukuran besar pada area kaca pembesar. Untuk brush “teks2” dan “teks3”, tampilkan dengan ukuran kecil dan warna yang tidak menyolok.

7. 1. Sekarang gambar tersebut memiliki pesan yang jelas : Fokuslah pada kata “Menang” dibandingkan dengan kata lainnya.

Sumber : PC Media



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar